Senin, 06 Mei 2013

Tips Mengatasi Kejenuhan Saat Bekerja




Kadang orang merasa semangat di awal mereka bekerja dan jenuh/bosan di saat pekerjaan itu sudah lama kita kerjakan. Hal semacam itu, pastinya di rasakan oleh semua orang. khususnya orang yang sudah bekerja. Namun, rasa tersebut bisa kita usir dengan beberapa tips yang akan membantu kamu. dan mencoba tips-tipsnya berikut ini :

1. Tuliskan tugas sehari-hari kamu.



Bikin daftar pekerjaan kamu sehari-hari. Dan berikan tanda pada setiap
pekerjaan yang sudah selesai kamu kerjakan. Selain bisa lebih fokus
dan efisien, juga bisa jadi cara jitu menghindari tudingan kamu tidak
cukup berusaha menyelesaikan tugas-tugas kamu.

2. Minta lebih banyak tugas

Coba bicarakan dengan atasan kamu dan minta lebih banyak pekerjaan,
termasuk tanggung jawab yang lebih menantang. Bila memungkinkan coba
meminta kepada atasan kamu untuk bertukar posisi.

Jika tidak mungkin coba bantu rekan kerja kamu menyelesaikan tugasnya.
Jadi relawan istilahnya. Selain rekan kerja akan merasa terbantu kamu
pun jadi nggak bosan lagi. Tapi ingat, mintalah ijin terlebih dahulu
pada atasan kamu. Jangan sampai rekan kamu yang mendapat pujian dari
hasil kerja kamu.

3. Menjadi panitia kegiatan yang dilakukan perusahaan


Bila perusahaan kamu akan libur, usulkan untuk membuat liburan
bersama. Ide kamu perlu dilontarkan pada atasan. Berikan juga usulan
tempat-tempat yang cocok untuk dijadikan tempat liburan. Bisa juga
kamu mengusulkan untuk melakukan bakti sosial. Selain membuat kamu
lebih akrab dengan lingkungan kerja, hal itu juga bisa menunjukkan
reputasi kamu sebagai seorang pemimpin. Pasti kamu mendapat nilai
lebih dari atasan.

4. Menambahkan nilai pada pekerjaan kamu


kamu bisa memperlihatkan pada atasan ada bahwa kamu memiliki kemampuan
lebih. Deskripsi pekerjaan kamu hanya perlu menyelesaikan dan
mengajukan laporan keuangan standar. Bila kamu mampu, mengapa tidak
mencoba melakukan analisa atau mengajukan format terbaru?

Untuk mengurangi prasangka kamu hanya cari muka, lakukan hal itu tanpa
memberi tahu siapapun. Selesaikan sampai tuntas, dan ajukan pada
atasan kamu. Tidak perlu meminta jawaban langsung. Tunggu beberapa
hari, sampai si bos memberikan jawaban.

Bila atasan kamu menerima proposal yang kamu ajukan tadi tentu akan
menambahkan nilai pekerjaan kamu. Pasti si bos akan lebih antusias
memberikan tanggung jawab pada kamu.

5. Ambil inisiatif dan mulailah proyek baru


Jangan menunggu perintah seseorang. Jadilah pro-aktif. Coba membuat
data base baru, atau cari klien baru yang cukup potensial untuk
perusahaan. Bisa juga mencoba menangani materi promosi perusahaan kamu.

Selalu komunikasikan dengan pengambil keputusan setiap langkah kamu.
Tujuan kamu adalah menunjukkan kemampuan kamu untuk bekerja, bukan
membuat orang lain terlihat tidak mampu atau mencoba meraih posisi
yang kosong.

6. Berpikirlah positif

Coba untuk selalu berpikir positif. kamu bosan karena hanya menangani
email perusahaan, namun di satu sisi coba tumbuhkan pikiran bahwa kamu
diberi tanggung jawab mengkomunikasikan perusahaan dengan pihak-pihak
lain. Jadi
bila ada konsumen yang mengeluh atau ada kolega yang menghubungi
perusahaan, bisa cepat ditanggapi. apalagi bila segera dibicarakan
dengan kolega yang lebih senior, siapa tahu kamu dapat promosi.

7. Cobalah Istirahat

Bila kebosanan benar-benar merasuki kamu dan mengancam karir kamu,
beristirahat sebentar. Pergilah makan siang atau minum kopi di kantin.
Ajaklah satu atau dua kolega baru di tempat kerja kamu untuk bergabung.

Curi sedikit waktu untuk bermain games yang disedikan perangkat PC
kamu. Main soliter atau bounce. Tapi jangan terlalu lama, bisa-bisa
kamu kena semprot atasan.

Pergunakan waktu ekstra kamu secara bijaksana, untuk menciptakan
jaringan kerja dan memperbaiki harapan karir kamu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar